Info Tujuan Wisata

Rabu, 27 April 2011

Sensasi Summer Black Truffle

ImageMUSIM penghujan di Indonesia memang sudah lewat. Negara-negara Eropa seperti Italia dan Prancis pun saat ini tengah berpanas-panas ria dengan summernya. Namun, siapa bilang kita tidak bisa menikmati hidangan jamur di musim yang sedang terik ini?
Faktanya, Anda tetap dapat menyantap summer black truffle, sejenis jamur langka dan mahal yang ditemui saat musim panas bulan Juli-Agustus. Jamur berjuluk "mutiara hitam" ini cukup unik karena habitatnya tersembunyi di dalam tanah (kedalaman 10-30 cm) atau di bawah akar-akar pohon besar seperti oak. Konon, hanya anjing atau babi yang dapat mengendus keberadaan jamur yang harga per kilogramnya mencapai Rp15 juta ini. Italia dan Prancis adalah dua negara tempat black truffle banyak ditemukan. Penduduk setempat biasanya mencampurkan jamur beraroma khas ini ke dalam makanan seperti pasta ataupun risotto.Mengingat harganya yang mahal dan agar dapat digunakan untuk berbagai keperluan, black truffle diserut tipis. Makin tipis, aromanya makin tajam. Jika sewaktu-waktu diperlukan, tinggal menaburkannya ke atas makanan. Bagi Anda yang berada di Jakarta, tak perlu jauh-jauh bertandang ke Eropa. Silakan mampir ke Scusa Italian Restaurant di Hotel Intercontinental Jakarta MidPlaza. Selama 8-31 Juli ini, restoran yang berlokasi di lantai 2 hotel menawarkan tak kurang empat menu summer black truffle hasil kreasi sang Italian Chef, Antonio Massagli.

"Jamur ini kami datangkan secara khusus dari Italia. Rasanya banyak yang suka. Untuk meraciknya, saya menggunakan bumbu spesial seperti truffle oil," ungkapnya.

Sebagai sajian pembuka, chef asal Lucca, Italia, itu menawarkan seared scallop and porcini mushroom, sejenis salad sayuran dilengkapi kerang dan potongan jamur porcini, lantas diaduk dengan saus hollandaise. Segar sekaligus gurih.

Menu berikutnya yang berjenis pasta fettucine terasa lebih gurih dengan penambahan mentega dan keju parmesan. Pelengkapnya adalah asparagus dan tentunya irisan summer black truffle.

Penyuka ikan juga layak mencoba sajian king fish, sejenis ikan yang hidup di lautan Pasifik.Menu ini disajikan bersama terung zucchini, tomat, bawang bombai, dan zaitun hitam, lantas dibauri wine sauce.

Sementara itu, empuknya daging sapi terwakili oleh menu sauted veal medallion. Layaknya sajian bistik, irisan daging sapi muda tanpa lemak ini disajikan bersama mashed potatoes dan tomat panggang. Sebagai pelengkap adalah saus mint yang menyegarkan.


By pande-baliwisata with