Info Tujuan Wisata

Minggu, 24 April 2011

China : Suzhou

Wisata Sejarah Suzhou

Ditulis oleh andri kurniawan   
Sabtu, 25 Juli 2009
ImageTerletak 80 kilometer dari Shanghai atau sekitar dua jam perjalanan dengan mobil, Suzhou menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan layak untuk Anda.
Kota kecil ini dikenal sebagai salah satu kota sejarah di China. Sebagai sebuah kota, Suzhou menyimpan sejarah selama 2.500 tahun. Tak heran jika di sini banyak dijumpai pagoda atau kelenteng kuno.
Suzhou juga dikenal sebagai 'kota taman' atau garden city. Pada masa Dinasti Ming dan Qing (1368 - 1911), ada 200 taman di vila (rumah) pribadi yang dimiliki oleh para penyair, saudagar atau pejabat kerajaan. Kini ada sekitar 60 taman yang bisa dinikmati para wisatawan.
Salah satu taman yang terkenal adalah Humble Administrator's Garden atau Zhuozheng. Taman ini dibangun oleh Wang Xianchen pada masa pemerintahan Ming Emperor Zhengde awal tahun 1500. Lebih dari separuh bagian taman ini adalah air yang dihiasi dengan ikan koi dan ikan mas serta jembatan-jembatan kayu. Di bagian tengah taman terdapat bangunan tradisional China, The Distant Frogrance Hall (Yuanxiangtang).
Selain melihat keindahan aneka ragam bunga dan tanaman khas China seperti bonsai, Anda pun dapat berjalan-jalan di pinggir hutan bambu. Musim semi adalah saat paling tepat berkunjung ke sini. Untuk menikmati taman tradisional China ini, anda cukup mengeluarkan uang 45 yuan atau tidak lebih dari Rp50.000.
Keunikan yang lainnya dari Suzhou adalah berdirinya Waibaidu Bridge. Jembatan ini telah dibangun 1907 dan salah satu jembatan baja tertua di Cina, meski sudah pernah direnovasi sebelumnya, tetap terlihat seperti aslinya.

By pande-baliwisata with